• Program Baru W3function

    Online Courses

    Premium tutorial pembelajaran tahap pembuatan website secara menyeluruh mulai dari desain grafis, desain web, pengembangan, publikasi website di internet sampai dengan tekhnik SEO

    Materi: Photoshop, HTML5, CSS3, jQuery, PHP, MySQL, Semantic template, Responsif desain

    Mendaftar
  • Paket Toko Online

    W3function Store ®

    Solusi paket website toko online murah dan berkualitas dengan fitur yang lengkap beserta tema design yang banyak dan menarik

    Selengkapnya
  • Desain dan Pengembangan Web

    Custom Project

    Kami mengerti jenis bisnis Anda berbeda dengan yang lain sehingga Anda membutuhkan website yang benar-benar mencitrakan bisnis anda. Apapun jenis website yang ingin Anda buat kami akan membuatnya bekerja untuk Anda

    Selengkapnya

Menentukan Harga Project Web Design

17‘11
October

info57.jpg

Salah satu aspek yang paling sulit dari menjadi seorang freelance adalah menentukan harga project. Walaupun beberapa desainer atau developer freelance menawarkan harga berdasarkan paket, sebagian besar masih banyak yang memberikan penawaran harga untuk setiap klien baru.

Membuat perkiraan harga yang tepat dan perkiraan waktu pengerjaan yang di perlukan untuk menyelesaikan project adalah sebuah tantangan tersendiri, sayangnya bukan tantangan seorang freelance melainkan tantangan untuk seorang marketing. Harus di akui sebagai seorang freelance kita sangat sulit sekali melakukan tawar menawar harga hingga klien mau menandatangani kontrak.

Tentu saja, kalau seorang freelance selalu mendapatkan permintaan project yang banyak, secara tidak langsung dia akan terbiasa menghadapi tekanan klien dan semakin mudah bila harus melakukan kegiatan marketing. Namun kenyataannya kebanyakan freelance berada pada posisi tidak siap untuk kehilangan proyek, seandainya masih bisa dipertahankan kadang misalnya dengan menjatuhkan harga. Orang-orang teknis secara alami memang tidak suka terlalu banyak berpendapat, berargumen, apalagi melakukan kegiatan marketing seperti tawar menawar, tapi mau tidak mau seorang freelance yang bekerja sendiri harus belajar.

Dalam industri pengembangan dan desain website keberatan harga dari klien adalah wajar, rasa mahal ini biasanya disebabkan klien tidak memiliki banyak pengetahuan atau pengalaman dalam pengembangan website, mereka memiliki pandangan yang kurang realistis tentang apa yang terlibat dalam proses pembuatan website dan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Bisa juga salah satunya karena calon klien memiliki teman atau anggota keluarga yang mengklaim bahwa mereka bisa mendapatkan sebuah website yang jauh lebih murah di tempat lain, apalagi di negara kita yang harganya memang banyak dijatuhkan orang-orang dari industri website sendiri bisa anda lihat hasilnya, trend-trend kualitas website di Indonesia yang bisa di bilang asal jadi atau kasarnya murahan.

Pada artikel ini kita akan melihat beberapa hal penting yang dapat kita lakukan ketika kita berada dalam situasi dimana klien ragu-ragu karena masalah harga. yang akan banyak di bahas sebetulnya hanya masalah komunikasi yang baik dan effektif untuk mencapai kesepakatan. Meskipun disana akan selalu ada klien yang mengharapkan situs web berkualitas dengan harga murah.

Jelaskanlah Tahapan Project Secara Detail

Jangan hanya menunjukan harga dan poin-point tentang pekerjaan yang akan dilakukan tapi jelaskan project secara lebih detail. Sejumlah total rupiah bisa tampak sangat besar, tetapi dengan tambahan detail penjelasan tentang pekerjaan yang akan dilakukan dan apa yang akan klien kita dapatkan, harga yang kita tawarkan akan lebih masuk akal untuk calon klien.

Pecahkan tahapan project dan waktu yang diperlukan untuk penyelesaian masing-masing tahapan project berikut nilai harganya. Mulai dari : rancangan graphic design, website design, programming + database, feedback dan revisi, pengujian hingga publiksi. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan kepada mereka segala sesuatu yang akan anda kerjakan.

Jelaskanlah bahwa berbagai tahapan yang akan kita lakukan sangat penting untuk keberhasilan keseluruhan proyek. klien mungkin tidak banyak terlibat dengan tahapan proses ini sehingga mereka juga mungkin tidak dapat melihat kebutuhan untuk beberapa hal, disini juga berarti kita harus menunjukkan kebutuhan-kebutuhan tersebut jika mereka bersedia membayar untuk itu.

Selain menjelaskan langkah-langkah proses project untuk menunjukkan bagaimana harga akhir ditentukan, kita juga dapat memberikan opsi pembayaran dengan angsuran. Disini kita harus membuat prosentase pembayaran untuk setiap tahapan perkerjaan yang telah diselesaikan dengan mengukur timeline dari pekerjaan itu sendiri. Memecah pembayaran menjadi lebih kecil secara bertahap juga dapat membuat perbedaan besar dan mempengaruhi psikologis calon klien. Terutama jika proyek memiliki waktu yang panjang.

Buatlah daftar layanan freelance anda

Umumnya setiap klien akan selalu membandingkan harga antara anda dengan designer atau developer yang lain. Untuk membantu calon klien melihat nilai lebih dalam proposal kita, pastikan selalu membuat daftar atas segala sesuatu yang kita tawarkan. Seperti kustomisasi desain, icon, tema yang unik, mungkin seperti plugin, analisa kunjungan website, backup otomatis dan lain sebagainya.

Tentunya dengan banyaknya daftar yang bisa kita lakukan, klien bisa melihat komitmen kita untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dan akan menilai kembali keberatan harga yang kita tawarkan.

Sediakan Opsi Penawaran Lain

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi keberatan harga adalah untuk menawarkan berbagai tingkat pilihan dari layan kita. misalkan klien dapat memilih berdasarkan kebutuhan dan anggaran mereka. Jika mereka tidak mampu membayar service pembuatan website kita secara normal, mereka bisa memilih pilihan harga murah yang mungkin tidak memasukan keseluruhan item service, setidaknya memungkinkan mereka untuk bekerja dengan kita.

Menawarkan berbagai pilihan memang tidak selalu memungkinkan, tetapi sebagai contoh pilihan harga murahnya bisa termasuk kustomisasi template atau tema yang minimalis atau salah satu yang telah kita kembangkan, apabila dalam desain mungkin menggunakan icon free yang bisa kita cari banyak di google, dan lain sebagainya.

Menyediakan pilihan murah akan sedikit mengurangi risiko bahwa mereka tidak mampu membayar anda dan beralih ke desainer yang lain.

Jelaskan Resiko dengan Anggaran Murah

Jelaskan kepada calon klien kita bahwa harga murah jelas memiliki resiko yang banyak, Bila klien tidak berpengalaman dengan pengembangan dan desain web, mereka tidak sepenuhnya memahami apa perbedaan antara proposal kita dan apa yang mereka akan dapat jika mereka menyewa desainer yang menawarkan harga lebih rendah.

Perbedaan harga adalah perbedaan level skill dan pengalaman, tanyakan kepada klien kita Apakah desainer yang menawarkan harga lebih rendah melakukan pekerjaan pendahuluan yang perlu untuk memastikan bahwa situs tersebut memenuhi kebutuhan bisnis dan pengunjungnya? Apakah mereka akan bertaruh memiliki situs dengan sistem e-commerce yang tidak user friendly? banyak sekali pertanyaan yang bisa kita lontarkan

Fleksible ketika Harga Sudah cukup OK, Jangan Tampak Putus Asa

Mengurangi harga setelah berkomunikasi dengan klien pada situasi tertentu dibenarkan juga untuk mengamankan bisnis kita. Tapi, kita tidak boleh dengan gampangnya menurunkan harga karena calon klien keberatan, jangan menurunkan harga secara signifikan tanpa penyesuaian dengan beberapa ruang lingkup pekerjaan.

Jika dengan cepat menanggapi keberatan calon klien akan harga yang anda tawarkan maka opini klien juga akan terus menekan anda selama anda berkerjasama dengannya. Usahakan kita selalu memegang kontrol atas project-project yang akan kita kerjakan.

Apakah anda pernah punya pengalaman lain dalam menghadapi klien yang selalu menganggap kemahalan? Bila ada silahkan posting di komentar, Terima Kasih bila mau sharing disini.

Anda juga mungkin suka dengan artikel ini :

  1. Surat Perjanjian Kerjasama Proyek Desain dan Pengembangan Web
  2. Beberapa hal yang bisa kita Lakukan untuk Mempermudah dan Menyederhanakan Kerja Harian Kita
  3. Realita Menentukan Harga Sebuah Desain
  4. Hal-hal yang Harus Diketahui dari Klien Sebelum Memulai Proyek Desain
  5. Mengapa Usaha Anda Memerlukan Website

Komentar

  • Manek Tech (05 Sep 2014 11:37:28)

    Hello CEO,

    I am Bhargav from ManekTech, after visiting your website I am just trying to explore some business collaboration with you.

    ManekTech Offers website Development & Programming, Custom software/Application Development, CRM, Search Engine Optimization and E-Commerce Solutions. When you deal with Manek Tech, you can expect Quality of service, competitive price, on time completion and best possible results. ManekTech can work as an extended arm for your company and help you achieve your business goals faster by giving you life time bug fixing warranty for our code. For further information do visit our website, www.manektech.com

    If you are looking for business collaboration or partnership, it benefits in this manner that you can hire developers from ManekTech%u2019s skill pool, matching with your need for a particular skill area and experience level and attempt projects on below mentioned technologies.

    We have a diverse pool of qualified and experienced software professionals across technologies such as .NET, PHP, WordPress, Magento, HTML and Mobile Technologies like iPhone/iPad and Android. Some of these are available for your organization%u2019s current requirements, and we%u2019d like to discuss how we can help here.

    We%u2019re keen to explore this opportunity further and hope to create a long term relationship with your esteemed organization. Meanwhile should you need any further information or clarifications, please feel free to call me or drop me a line.

    Regards,
    Bhargav Bhalodia
    Business Development Manager
    ManekTech
    Skype: manektech43


    Please note: if you are not interested then please do reply back as Remove.

  • bons (16 Mar 2013 12:01:02)

    lagi galau nentuin harga nih :(
    lumayan dapat pencerahan

    thanks master (y)

  • ridho (18 Feb 2013 09:46:59)

    kalau saya sih bukan di website, tapi waktu ngedit film pendek.
    Kebeneran waktu itu dia minta di editin filmnya, tapi cuman ngasih waktu 3 hari 3 malam. karena berhubung teman, saya tawarin aj 350, eh malah pake tawar 150.haduuuhh...tapi akhirnya fix 300.

    Padahal dulu sama temen saya, pernah ambil project yang sama, harganya 500rb, itpun jangka wktunya seminggu.
    Apes, begadang 3 hari 3 malam, cuman buat ngeditin film yg wktunya lbh padat, tp malah lbh sdkit uangnya.
    Haduuh..gara2 pake prinsip "Itung2 temen" sih..
    huuh..

    Biarin jadi pengalaman deh, sama temen2 yg lain, jgn smpe jdi kaya saya ya.Mau teman/saudara/ortupun skalipun.
    Sodara ya sodara, tapi BISNIS IS BISNIS.
    terima kasih.

  • ilham (13 Mar 2012 08:09:31)

    berguna banget nih, saya juga masih dalam tahap belajar nih.. makasih infonya

Kode?

Telusuri dan Beritahu saya apabila ada komentar baru.

loading

Usulan Kontribusi dan Saran

Kami sangat terbuka dengan berbagai saran dan kontribusi positif dari Anda. Kami ingin membuat halaman blog di w3function.com ini terbuka untuk banyak penulis, sehingga kita bisa bersama-sama mendiskusikan banyak topik yang lebih luas dan lebih menarik lagi. Apabila Anda memiliki artikel yang ingin Anda kontribusikan untuk w3function.com mohon email kami.

Pemberitahuan Disclaimer © Copyright

Semua isi termasuk di dalamnya semua artikel dan gambar adalah hak cipta w3function.com, kecuali ada statement khusus yang di cantumkan (kontributor). Mohon tidak menyalin isi atau mempublikasikan kembali tanpa seizin w3function.com dan atau kontributor artikel lain

Semua sumber download dari w3function.com adalah untuk tujuan edukasi semata, bukan untuk tujuan komersial atau lainnya kecuali ada statement khusus yang di cantumkan.

Social Stuff